Expecting again: Third Trimester

Bulan ke-7:

Minggu ke 28

Masuk minggu ke 28 lebih 5 hari, aku ngalamin flek lagi. Kali ini nggak ngerasa panik banget, karna udah sadar diri, akunya emang nggak bisa diem. Dari setelah lebaran, bisa dibilang kayak non-stop jalan di seputar Jawa Barat. Dari Bandung ke Bekasi, Bandung lagi, Cirebon, Kuningan, Bandung lagi, Bekasi, Garut, Bandung lagi, Purwakarta, dan Bekasi lagi (dan masih aja mau ikut liburan ke Ciater sama temen-temen kampus ehehe). Sebenernya aku ngga ngerasa ada yang salah, sesak napas jarang, sakit badan bisa dibilang enggak sama sekali, paling cuma sempet kram kaki waktu lagi nginep di tempat yang lebih dingin dari biasanya. Nah yang aku kurang ngeh adalah perutku sering kerasa ‘kenceng’, tapi karna ngga mules (atau aku se-ngga ngerasa itu kali ya) jadi aku ngga terlalu ambil pusing, toh gerakan adik bayi aktif-aktif aja.

Setelah liat flek, aku minta Aa buat nemenin check up, karna saran dari bidan kemaren menurutku kurang solutif. Ahirnya aku, Aa, Al, plus Mama pergi ke tempat praktek dr. Ita Herawati di Jatiwaringin (semua anak mama kecuali aku dan mas emir, lahir dibantu beliau, jadi aku udah percaya aja). Hasil usg ternyata.. emang plasenta previa. Dan dr. Ita bilang “aduh ini perutnya kenceng banget.. udah ada kontraksi.. air ketubannya juga sedikit. Ini sih kayak udah mau lahiran” NAHLOH!! Padahal berat bayinya baru sekilo-an!! Tapi dokternya ngomongnya santai, terus dia bilang, ini obatnya ya rebahan. Tiap kontraksi, tiduran aja, rileks, nanti kontraksinya hilang sendiri. Kalau badan rileks, metabolisme lancar, air ketuban bisa bertambah. Selain itu harus kurangin aktivitas. Plus dikasih obat penguat lagi.

Dr. Ita bilang, “ini kalau pait-paitnya harus lahir prematur, minimal dari sekarang kita usaha gedein bayinya supaya nggak bblr. Banyak makan es krim dan protein-protein ya”. Terus aku juga sempet nanya, “tapi masih bisa lahiran normal nggak dok?” Beliau bilang, “kita lihat setelah 36 minggu ya, tergantung gimana posisi plasentanya”.

Aku langsung agak drop. Kemungkinan besar ngga bisa lahiran di bumi ambu lagi karna setauku kalau mau lahiran di sana harus tanpa komplikasi.. Terus kebayang cerita orang-orang tentang sakitnya pemulihan pasca operasi sesar, duh rasanya nggak berani banget kalau perut harus dibelek 😦

Katanya sih, ada bidan yang bisa ngurut supaya plasenta nya naik ke atas. Tapi gatau ya, aku agak kurang sreg sama urut-urut bayi gitu.. masih mau cari referensi lain dulu sebelum ambil keputusan.

Di sisi lain, kondisi ini bikin aku muhasabah juga. Mungkin ada kesombongan yang sadar nggak sadar aku lakuin, karna proses kelahiran Al kemarin lancar banget (walaupun proses menyusuinya berattt), jadi ngerasa kayak ‘yang ini pasti lebih baik lagi, karna aku udah lebih rajin gerak, makan sayur dan buah, kondisi emosional jauh lebih stabil, ilmu dan pengalaman udah ada, jadi nggak mungkin lah kenapa-napa’. Padahal ya kehendak Allah mah siapa yang tau, tiba-tiba didiagnosis plasenta previa dan pas ditanya “kok bisa? Saya salah gerakan atau kenapa?” “Ini mah ya terjadi aja bu”. Entah pelajaran apa yang mau Allah kasih, yang jelas emang harus bebersih diri biar ngga sombong dan seolah mendahului kehendak Allah. Sekarang mah aku cuma bisa banyak-banyak doa aja, apapun jalannya semoga disiapkan dan dikuatkan, yang penting bayinya sehat selamat.

Minggu ke 29-30

Ada pendarahan lagi.. kali ini cukup banyak, dalam sehari aku sampe bisa ganti empat kali. Kalau dihitung-hitung berarti bulan ini aku udah tujuh kali flek dan pendarahan😭. Malemnya cek ke dr. Ita lagi, lagi-lagi dibilang kalau perutnya keras, sering kontraksi.. dan keliatan mulai ada pengapuran di plasenta.. harusnya pengapuran ini baru terjadi kalau udah hamil tua, makanya bayi yang lewat 40 minggu suka ‘digeber’ biar cepet lahir, karna kalau pengapuran ini bertambah lama-lama suplai oksigen dan nutrisi buat janin bisa berhenti. In my case, kalau kejadian, ya mau ga mau harus operasi buat segera ngeluarin bayi.

Obatnya masih sama, rebahan, tapi kali ini disuruhnya bed rest total. Sebisa mungkin nggak usah bangun, tiduran aja. Terus dosis penguatnya ditambah, dan disuruh kebut berat badan bayi minimal banget 1,5 kilogram. Tapi sebaiknya di atas 2,5 ya.

Begitu kabar ini nyampe ke kakek-neneknya adik bayi, semua langsung nyaranin buat bedrest di rumah sakit aja. Aa setuju, sementara aku nggak mau misah sama Al. Alhamdulillah setelah Aa ke beberapa rumah sakit, jawabannya sama, “ngapain dirawat di rs kalau nggak dirujuk dokter? Mending sewa kamar hotel kalau mau istirahat yang enak mah”. Hahahaha.

Ahirnya aku boleh di rumah aja, dengan catatan bisa kooperatif buat nggak turun dari kasur kecuali buat urusan ke kamar mandi. Aku goyang dikit aja diomelin mulu sama Aa. Kata Aa bayangin kamu lagi bawa telor yang mau pecah, jadi kalau mau gerak harus pelan-pelan-pelan banget.

Kalau kata mama, ini bagian dari jihadnya seorang ibu. Kedengarannya enak banget ya jihadnya disuruh bobo-bobo cantik. Tapi ternyata stres juga. Liat Al belepotan tapi nggak boleh ngambil tisu, liat kasur berantakan tapi nggak boleh beresin. Mati gaya banget deh pokoknya.

But ya, we always have an option to see every thing. Mau ngeluh terus atau bersyukur. Jadi aku pilih bersyukur aja, toh nanti kalau adik bayi udah lahir aku bakal kangen banget rasanya gogoleran seharian di kasur wakaka.

Bulan ke-8:

Minggu ke 32

Minggu ini jadwalnya check up lagi. Aku udah positive thinking banget karna udah dua minggu ini nggak ngeflek dan berat badanku naik 2 kg. Kabar baiknya, kepala adik bayi udah ada di bawah, nggak sungsang lagi. Kabar kurang baiknya, ternyata.. pengapuran plasenta nya udah tambah banyak. Jadi kenaikan bb bayi cuma dikit, bbnya sekarang 1,6 kg dari yang seharusnya udah 2 kg-an. Ahirnya lagi-lagi dikasih pesan yang sama, cuma lebih ditekanin pokoknya naikin bb bayi, minimal bertahan sampe 2,5 kg baru lahir.. artinya aku harus kejar tayang antara pengapuran plasenta sama naikin bb bayi.

Minggu ke 34

Minggu ini aku dan Aa sepakat coba ke dokter lain buat dapet second opinion. Setelah dapet rekomendasi dan browsing sana-sini, aku dan Aa milih ke dr. Wulan yang praktek di RS Awal Bros Bekasi. Dan hasilnya.. plasenta udah geser ke atas! Alhamdulillah.. Terus kita nanya-nanya soal pengapuran plasenta. Menurut beliau emang udah mulai pengapuran, tapi masih wajar, dan pas dicek aliran dari plasenta ke janin juga lancar. Nah masalahnya berat badan janin masih kurang banget. Idealnya di minggu ini 2200 gram sementara adik bayi masih 1900-an gram. Dugaannya mungkin karna hb rendah, jadi disuruh cek darah. Terus kita juga nanya soal kontraksi berlebihan yang aku alamin. Tapi kebetulan pas lagi check up itu aku lagi ngga ada kontraksi samsek, jadi menurut beliau normal aja, apalagi kan emang udah usia kandungan segini. Ahirnya diresepin obat magh (karna beberapa hari ke belakang aku sempet mual muntah), kalsium, dan susu protein.

Malemnya check up ke dr. Ita lagi. Menurut dr. Ita juga plasenta udah geser ke atas. Tapiii kontraksi berlebihannya masih (pas lagi check up sama beliau entah kenapa perut emang pas lagi keras mulu😅) dan ini memicu pengapuran plasenta lebih cepet, makanya nutrisi ke janin terhambat dan beratnya rendah.

Jadi sekarang masalahnya ‘tinggal’ gedein bayi aja (dan meminimalisir kontraksi). Tiap hari aku rutin makan telur plus minum susu protein plus omega 3 plus es krim. Pokoknya selama bisa masuk, masukin deh apa aja. Agak desperate juga sebenernya, pas hamil Al pola makan ku nggak bener banget, masih ala-ala anak kos, tapi bisa gede aja gitu anaknya. Ini aku udah makan ini itu sampe naik sekilo seminggu selama sebulan ke belakang, tapi berat adik bayi naiknya dikit banget..

Tapi aku tetep berusaha positif, tiap hari aku coba ngulang-ngulang afirmasi ke adik bayi kalau dia sehat, lengkap, dan bisa lahir dengan bb di atas 2,5 kg. Aku yakin hypnobirthing ini salah satu ikhtiar yang baik, buktinya plasenta pun bisa diajak ‘ngobrol’ buat geser ke atas. Dan yang nggak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa, semoga apapun kondisinya bisa sabar dan tetep bersyukur.

Bulan ke-9:

Minggu ke 36

Rejeki anak bayi solehah, masih sempet dapet jatah check up padahal dr. Ita udah mau terbang ke Makassar buat wisuda anaknya yang udah spesialis. Walaupun agak buru-buru, tapi tetep detail, and guess what? Berat badan adik bayi udah 2550 gram! Huhu happy banget, rasanya kayak abis begadang nyiapin try out berhari-hari, terus lulus pilihan pertama. Tapi kata Aa jangan terlalu seneng dulu, kan baru try out doang, belum lulus benerannya (eh ini apasih kok jadi snmptn). Aku nggak berekspektasi tinggi sebenernya, 2200 atau 2300 juga udah alhamdulillah. Tapi emang usahanya lebih aku gencarin lagi, minum susu bisa sekotak sehari, makan berat bisa 4-5 kali sehari, dan ngemil ini-itu.

Jadi karna bb udah oke, posisi bayi oke, dan posisi plasenta juga oke, sekarang tinggal tunggu kapan adik bayi mau launching. Semoga secepatnya ya nak, kalau bisa pas dr. Ita lagi available dan pas Appa lagi di rumah ya☺

One thought on “Expecting again: Third Trimester

  1. Pingback: Hello Sachi! | speakupoclock

Leave a comment