Cerita Amma: Understanding a baby

Ceritanya udah beberapa kali ini Al bangun tidur dalam keadaan nangis keras dan susah banget diberhentiin. Kadang juga kejadian pas sebelum tidur. Aku sering jadi rungsing sendiri karna bingung harus ngapain, ngga ngerti Al pengen apa, dan ini bener-bener ‘ngga Al banget’. Tadi siang juga gitu, terus kebetulan aku mau ke kamar mandi jadi aku titip ke Aa, eh dia langsung banting kepala ke belakang nabrak muka Aa. Ahirnya baru bisa dialihin setelah aku pangku sambil ajak main bola beberapa saat.
Habis itu, ngga sengaja nemu post-an ibu-ibu di instagram yang ngebahas persis tentang ini. Dia cerita kalau anaknya nyari sesuatu tapi ngga ketemu, ahirnya jadi nangis-nangis gitu, sementara orang tuanya juga ngga ngerti apa yang si anak cari.
Jadi, karna kemampuan komunikasi anak balita belum sempurna, mereka cuma bisa ngasih tau orang tuanya dengan kosa kata dan pelafalan yang terbatas, yang kadang juga ngga dimengerti sama ortu sehingga anak jadi ‘frustasi’ dan sering berujung tantrum. Lewat tangisan, anak berusaha semaksimal mungkin mengkomunikasikan keinginannya pada ortu.
Nah apa yang bisa orang tua lakukan di situasi begini? Minta maaflah pada anak atas ketidakmengertian kita, lalu pelan-pelan observasi apa yang kira-kira anak inginkan, atau memintanya menunjukkan apa keinginannya. Jangan sampai malah marah, membentak, apalagi sampai geregetan yang mengacu ke fisik. Katanya, anak balita sel otaknya masih berkembang, dan ketika dia mendapat perlakuan buruk, perkembangannya bisa terhambat bahkan ternonaktifkan. Hiiiy nauzubillahi min zalik.
So, poin pentingnya adalah: sabar. Bukan dalam artian pasrah, tapi tekun, cari ilmu bagaimana mengatasi anak tantrum, stimulasi pendengarannya, latih anak berkomunikasi dengan sering mengajaknya bicara, dan sebagainya. Dengan membantu dan mendampingi proses pekembangannya, selain anak jadi lebih mampu berkomunikasi, kelekatan antara ibu dan anak juga akan terjalin sehingga memahami anak bukan lagi hal yang sulit.

2 thoughts on “Cerita Amma: Understanding a baby

Leave a comment